Kamis, 10 April 2008

THE WOODS



The Woods …

The woods are lovely dark and deep, but I have promises to keep & miles to go before I sleep…hutan adalah keteduhan , kedamaian, degup paru kehidupan ..hutan adalah harapan juga inspirasi ,The woods is most precious things of life
Tahukah bahwa kerusakkan hutan kita 2,3 juta ha / tahun setara dengan 6.301 lapangan sepakbola / hari ,atau 300 X lapangan sepak bola /jam , malah aktivis lingkungan & organisasi memperkirakan kerusakkan hutan –hutan kita masih 2 juta ha/ tahun. Kasus illegal logging sejak tahun 1970 dari Kalimantan , belum kasus-kasus serupa seperti di Papua , Maluku dan lain tempat di Indonesia . Kasus tersebut tidak sedekar kejahatan economic crime & ecology crime tapi juga kejahatan yang sudah menggerogoti kedalautan NKRI. Kerusakkan ekologis yang disebabkan keserakahan manusia tidak dapat dilihat sebagai kerusakakan stuktur fisik , fisik alam dan lingkungan an sich, tetapi menjelaskan struktur kerusakkan lebih dalam ( deep structure ) dan kompleks ( complex disaster ). Tidak hanya kerusakkan tanah , sumber air udara ,jalan, tumbuhan , atau makhluk hidup , tapi juga kerusakkan mental , kerusakkan sosial , dan kerusakkan spiritual pada tingkat stuktur yamg lebih dalam – ecology of terror .
Tiga ancaman Teror ekologi merupakan akibat ulah keserakahan manusia. , yaitu kerusakkan lingkungan ( environment ecology )berupa jaringan yang membangun lingkungan fisik ,aneka habitat , didalamnya. Kerusakkan mental ( mental ecology ) berupa kerusakkan jaringan abstrak mental yang membangun lingkungan psikis manusia , serta kerusakkan ekologi sosial ( social ecology ) berupa kehancuran kesatuan sosial yang membangun sebuah lingungan sosial ..Eco terrorism seperti yang digambarkan dalam The Tree Ecologies (Fellix Guattari ,2000) merupakan refleksi dari kian memburuknya hubungan manusia –alam yang dijabarkan dalam etika antroposentris ( anthropocentriacal ethics ) yaitu etika yang mendewakan hasrat manusia atas alam , yang mengakibatkan kehancuran ekosistem , yang hiper eksplorasi aneka sumber daya alam..hiper komidifikasi dalam mesin ekonomi dan hiper konsumsi produk-produknya untuk terus memperbarui gaya hidup konsumtif dan etika hiper konsumerisme ,dengan mengabaikan etika lingkungan dan dan dampak ekologi logis-hyper consumerism ethics .Sayang semuanya sudah terorganisir dan mengakar dalam struktur kehidupan sebuah bangsa Who can stop it ..

Tidak ada komentar: